Mukhoyyam ke 5

Materi

Malang – Diantara program unggulan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah adalah Mukhoyyam Tarbawi. Pada tahun ini Mukhoyyam Tarbawi yang ke 5 diperuntukkan bagi kelas 1,2,4 dan 5.. untuk santri kelas 3 tidak ikut dalam kegiatan ini karena sedang mengikuti Ujian Nasional. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari 3 malam, Mulai hari senin 4 Oktober 2015 sampai 7 Oktober 2015 berlokasi di buper Cuban Rais, Kota Batu Malang. Dibimbing oleh para Asatidz, TNI dan PNN yang juga ikut andil dalam mensukseskan kegiatan ini.

Pelepasan peserta mukhoyyam dilaksanakan pukul 06.30 pagi di halaman Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah oleh Pimpinan Pondok DR. KH. Muh Ajir Abdi Moenip Lc. MA. Tanpak dari wajah – wajah santri penuh semangat, karena para santri sudah mempersiapkan semuanya jauh – jauh hari. Mulai tenda, alat masak, perlengkapan tidur dll.

Setelah tiba di Buper Coban Rais seluruh peserta mengikuti upacara pembukaan Mukhoyyam Tarbawi. KH Ahmad Yasak Lc selaku Pembina upacara meningatkan agar tetap menjaga dan mengawal nilai-nilai tarbawi selama kegiatan berlangsung karena semua santri menanggung amanah menjaga nama baik Pondok  serta tetap menjaga ukhuwwah, kebersamaan, sholat berjamaah, dzikir pagi-sore, menjaga kebersihan, dan menjaga ketenangan.

Meskipun kondisi cuaca mendung dan hujan, panitia dan peserta tetap semangat mendirikan tenda dan melaksanakan setiap agenda kegiatan. Kegiatan-kegiatan seperti games, baris-berbaris yang dibimbing langsung oleh TNI, pengetahuan tentang bahaya narkotika yang disampaikan oleh Ketua Badan Narkotika Nasional  api unggun, outbond dan Long March sangat digemari para peserta. Bahkan kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari 3 malam ini dimeriahkan dengan lomba yel-yel, lomba panjat pinang, dan lomba ketangkasan. Suasana keakraban sangat kental ditanamkan dalam kegiatan ini. Momen-momen seperti makan bersama, sholat berjamaah, dan games yang ada benar-benar dimanfaatkan panitia untuk mencapai target tersebut.

Kamis, 7 Mei 2015 tepat pada pukul 11.45 prosesi penutupan dilaksanakan di BUPER coban rais. Setelah itu para peserta segera masuk ke kendaraan untuk kembali ke Ma’had tercinta Daarul Ukhuwwah. Tepat pukul 16.30 mereka tiba di Ma’had. Suara lantunan nasyid terdengar lantang dari dalam tiap-tiap mobil. Wajah-wajah mereka nampak bahagia meskipun badan terasa lelah. Mukhoyyam tarbawi ke 5 benar-benar berkesan di dalam hati mereka.

Sholat jama'ah
Sholat jama’ah
Permainan Naga Buta
Permainan Naga Buta
Lomba Kecepatan Memasukkan Air
Lomba Kecepatan Memasukkan Air
Ketangkasan
Ketangkasan
Panjat Pinang
Panjat Pinang

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.