Aksi Santri di Arena Mukhoyyam Tarbawi 2016

Pemandangan di Pantai menjelang Sunrise
Pemandangan di Pantai menjelang Sunrise

Pagi Senin (9/5), disaat Sang Arsitek melukis langit dengan warna biru, terlihat para santri sedang berpartisipasi dalam kegiatan mukhoyyam di pantai Lombang, Sumenep – Pulau Madura. Mengingat kegiatan ini hanya dilaksanakan sekali dalam setahun, maka mereka sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Di sisi lain kegiatan ini guna memberi kesempatan santri kelas 3 untuk melaksanakan Ujian Nasional dengan tenang.

Berbeda dengan mukhoyyam sebelumnya, mukhoyyam kali ini diadakan jauh dari Kota Malang. Adapun ketua mukhoyyam ini adalah ‘Sam’ Saiful Arif santri kelas 5 dengan mengangkat tema My Trip Lillahi Ta’ala.  Seluruh acara pada kegiatan mukhoyyam seperti out bond, jurit malam, long macth, dilaksanakan guna mencapai tujuan mukhoyyam yaitu peningkatan spiritual, pengokohan agama, pengenalan budaya, pengembangan jasmani dan rohani.

Sebelum berangkat, peserta MT 2016 (Mukhoyyam Tarbawi 2016) mendapat arahan  dari pimpinan pondok untuk menjaga nama baik pondok selama di medan perkemahan. Keberangkatan peserta menggunakan 6 bus pariwisata dari Malang menuju ujung pulau Madura menghabiskan waktu kurang lebih satu malam.

Di arena mukhoyyam panitia telah mempersiapkan seluruh acara yang akan dilaksanakan selama empat  hari tiga malam. Selain itu di medan perkemahan panitia juga mepersiapkan kedai guna memenuhi kebutuhan para peserta mukhoyyam baik secara pribadi maupun kelompok.

DSC_1228
Pemandangan Sunset Pantai Lombang

Kegiatan ini ditutup dengan long macth mengelilingi desa Lombang yang diadakan pada malam hingga pagi hari. Kemudian para peserta MT 2016 pulang ke pondok untuk makan besar yang merupakan tradisi pondok setelah berlangsungnya kegiatan mukhoyyam.

Penulis                 : Waznin A. Almuzakky

Editor                    : Biasa… lah…

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.