Daarul ukhuwwah for Palu

Palu, 28 september 2018, dilanda gempa yang disusul dengan tsunami yang memiliki ketinggian maksimal 11,3 meter dan tinggi minimal 2,2 meter. Bencana ini berdampak sangat besar terhadap seluruh infrastruktur kota Palu dan sekitarnya. Hingga kemarin, rabu, 10 oktober 2018, Badan Meteorology, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 526 gempa susulan yang terjadi pascagempa bermagnitudo 7,4 skala richter jumat, 28 september 2018.

Korban jiwa mencapai 2.010 orang yang terdiri dari 1.601 orang Palu, 171 orang Donggala, 222 orang Parigi Moutong dan 1 orang Pasangkayu, Sulbar. Korban luka mencapai 10.679 orang dan hilang mencapai 671 orang. Total bangunan yang rusak mencapai 67.429 unit. Total kerugian mencapai puluhan milyar, sebuah angka yang sungguh fantastis bagi orang Sulawesi.

Seluruh orang yang mendengar kabar ini hatinya pasti akan miris. Mendengar hal ini, hati umat muslim pasti tergerak untuk mengulurkan “tangannya” demi membantu saudara yang membutuhkan disana. Tak terkecuali seluruh santri di Daarul Ukhuwwah.

Organisasi Santri Daarul Ukhuwwah tergerak untuk menggalang dana bantuan untuk Palu. Seluruh santri pun menerima perihal ini dengan tangan terbuka sehingga terkumpul kurang lebih 12 juta untuk didonasikan. Tak berhenti dari situ, terkumpul banyak sekali barang-barang yang mungkin dibutuhkan oleh saudara di Palu diantaranya baju, celana, dan barang yang lainnya.

Semoga dengan gerakan Daarul Ukhuwwah for Palu ini, walaupun tak seberapa, menjadi ladang pahala bagi para santri dan juga dapat meringankan beban saudara yang lagi tertimpa kesusahan disana. Amiiiiin.

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.