PEMBUKAAN UJIAN AL-QURAN YANG DIWARNAI DENGAN CERDAS CERMAT ULUMUL QURAN

Daarul ukhuwwah-Pentingnya rasa menumbuhkan kecintaan terhadap al-quran merupakan kewajiban para pengurus pada Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah. Maka dari itu tim al-quran memberikan  wacana yang sangat perdana pada PPDU, yaitu mengadakan lomba cerdas cermat ulumul quran dalam rangkaian pembukaan ujian al-quran.

Pembukaan ujian al-quran pada tahun ajaran 2018-2019 ini cukup berbeda. Dikarnakan diadakannya cerdas cermat ulumul quran yang membuka ujian al-quran Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah. Para peserta diambil dari setiap holaqoh tahfidzul quran.

Kategori yang diujikan diantara lain kelancaran,makharijil khuruf, dan tajwid. Adapun yang diujikan adalah juz 30.”diadakannya lomba cerdas cermat ulumul quran ini, guna memacu semangat santri dalam bidang al-quran ” ujar ustad rofiki,selaku direktur KMI dalam sambutannya.

Perlombaan berlangsung sangat menarik, dikarnakan persaingan para peserta dibagi dalam dua babak, yaitu babak soal beruntun dan soal rebutan. Dalam soal beruntun para peserta diberi lima pertanyaan secara beruntun, dan pertanyaan tersebut mencakup, melanjutkan ayat,menyebutkan  surat beserta ayat,dan hokum-hukum tajwid. Dan ketika memasuki babak kedua, para peserta saling berlomba untuk menjawab pertanyaan yang diajukan juri dengan cepat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.