Ujian Hafalan Al-Quran

Merupakan sebuah keniscayaan bagi Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah untuk mengadakan sebuah ujian hafalan Al-Qur’an sebagai ajang penilaian seberapa kuat hafalan para santri di ponpes ini. Tahun ini, ujian hafalan al-qur’an di PPDU (sebutan umum Ponpes Daarul Ukhuwwah) dikemas sedikit berbeda. Ditahun-tahun sebelumnya, ujian hafalan Al-Qur’an hanya sebuah ujian dimana akan diadakan pentasmi’ yang telah ditentukan untuk para santri dan terserah kapan pun santri tersebut ingin menyetorkan hafalannya, yang terpenting masih dalam batas waktu ujian hafalan Al-Qur’an yang ditetapkan. Namun di tahun ini, ujian hafalan al-qur’an di PPDU lebih tersistematis.

Tepat di hari senin, 01 oktober 2018, telah diadakan sebuah pembukaan yang berbentuk sebuah lomba cerdas-cermat bagi para huffadz al-qur’an terutama pada juz 30. Lomba ini di ikuti oleh 42 peserta yang dibagi menjadi 14 kelompok. Setiap kelompok mewakili setiap level halaqah al-qur’an yang diikuti. Pada babak pertama, akan diambil 6 kelompok terbaik dan akan ditandingkan pada babak final yang diadakan pada malam harinya.     

Pemenang pada lomba kali ini merupakan kelompok perwakilan Jam’iyatul Qurra’ wal Huffadz yang mendapatkan reward; voucher belanja kesan madu sebesar 150 ribu. Di susul pemenang juara dua dan tiga yang mendapatkan reward masing-masing; voucher belanja sebesar 120 ribu dan 90 ribu.

Setelah dibuka, keesokan harinya, langsung diadakan acara utama yaitu ujian hafalan al-qur’an yang bersistem; pertama, para santri akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok memiliki satu pentasmi’; kedua, para pentasmi’ akan menunggu ditempat yang telah ditentukan; ketiga, para santri akan menyetorkan hafalan juz 30 kepada pentasmi’ sesuai hari yang ditentukan –ada yang hari selasa, ada yang hari rabu; terakhir, setelah mengikuti ujian, para santri akan diberi belangko penilaian dan harus segera dikumpulkan untuk didata.

 Untuk menutup acara ini, pada hari kamis, insya Allah akan diadakan acara bersama ustadz Hidayat Nur Wahid yang merupakan alumni gontor dan mantan ketua MPR.

 

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.