PESAN DAN NASEHAT MENJELANG UJIAN

            Kamis, 21 November 2019, Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah kembali mengadakan “ Taujihaat wal ‘Irsyaadaat” sehubungan dengan diadakannya ujian semester 1 tahun ajaran 2019/2020 yang akan dimulai pada tanggal 25 November 2019 hingga 3 minggu yang akan datang. Acara ini diadakan di masjid pada jam  09.00 WIB atau tepatnya setelah waktu istirahat pertama. Setelah sarapan, seluruh santri dari kelas 1-6 bergegas menuju ke masjid. Sebelum acara dimulai, Pimpinan Pondok menyeru kepada seluruh santri untuk berdzikir sejenak yang kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al- Fatihah dan surat Al- Ikhlas sebanyak 10 kali.

   Selaku Pimpinan Pondok, KH. Dr. Muhammad Ajir Abdi Moenip, Lc. MA. menjelaskan tentang makna dari ujian secara umum, bahwasannya ketika manusia terlahir ke dunia, disaat itulah ujian dimulai, dan akan berakhir ketika ia dipanggil oleh Sang Maha Kuasa. Lalu beliau menceritakan pengalamannya disaat menghadapi ujian ketika berada di Pondok Modern Daarussalam Gontor dan juga ketika kuliah di Madinah, sembari terus menghimbau dan memotivasi para santri untuk terus semangat dalam belajar. Beliau juga selalu mengingatkan tentang slogan ujian para santri, yaitu “ ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian”. Terakhir, beliau menjelaskan tentang ujian yang akan dihadapi oleh para santri, mulai dari jenis ujian, waktu ujian, rapot yang akan diterima, dan lain sebagainya.

            Acara dilanjutkan dengan do’a yang yang dipimpin oleh beliau sendiri. Seusai do’a, ada sesi pembacaan peraturan dari panitia ujian tulis dan ujian lisan, juga sedikri pengumuman dari Direktur KMI mengenai kegiatan esok hari. Acara pun ditutup pada  pukul 10.30 WIB.

            Semoga para santri giat dalam belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.