SHOPPING CART

close

PANTANG PULANG SEBELUM PADAM

Menjelang masa ujian akhir semester, PPDU selalu me-nonaktifkan beberapa agenda wajibnya, salah satunya ialah kegiatan pramuka. Mengingat kegiatan pramuka akan ditutup pada tanggal 20 November mendatang, maka koordinator pramuka mengadakan kegiatan yang istimewa sebagai materi terakhir mereka yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 13 November 2021 lalu. Yaitu materi “cara menanggulangi kebakaran”, dengan mengundang Satgas Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang sebagai pemateri.

Kegiatan yang diikuti oleh para andika dari kelas 1 sampai kelas 5 ini bertempat di lapangan basket dan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Satgas pemadam kebakaran memiliki slogan yang keren, yaitu “PANTANG PULANG SEBELUM PADAM”. Para anggota satgas pemadam kebakaran  menjelaskan bahwa ada 2 cara memadamkan api ketika terjadi kebakaran. Cara pertama adalah pemadaman tradisional, yaitu memadamkan api menggunakan kain goni basah. Cara kedua adalah pemadaman modern, yaitu memadamkan api menggunakan apar (tabung) dan selang mobil pemadam kebakaran. Apar sendiri memiliki beberapa jenis, antara lain: Dry powder (serbuk), gas karbon dioksida, gas cair, dan superfoam (busa), dengan fungsi yang berbeda pada tiap jenis apar.

Satgas pemadam kebakaran juga membuat simulasi kebakaran, yaitu dengan mencampurkan air dan pertamax ke dalam drum yang kemudian dibakar. Para andika mendapat kesempatan untuk mepraktekkan cara memadamkan api, baik dengan cara tradisional maupun modern. Kegiatan ini berakhir pada pukul 10.30 WIB. Dengan disampaikannya materi ini, harapannya para andika dapat menanggulangi bilamana nanti terjadi kebakaran.

Tags:

0 thoughts on “PANTANG PULANG SEBELUM PADAM

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info PSB? Chat with us