Baksos Santri PPDU Pasca Musibah Gunung Kelud

 

Tentara Allah di bumi Kelud

Tentara Allah di bumi Kelud

foto bersama warga korban bencana gunung kelud

foto bersama warga korban bencana gunung kelud

suasana lahar dingin di kaki gunung kelud

suasana lahar dingin di kaki gunung kelud

 

Rumah Warga Terpendam Lahar Dingin

Rumah Warga Terpendam Lahar Dingin

Minggu tanggal 15 Maret 2014. Santri PPDU mengikuti kegiatan Baksos Akbar di Lokasi korban bencana Gunung Kelud. sedikitnya 60 Santri diterjunkan ke lokasi untuk membersihkan Rumah Warga dan jalanan yang penuh dengan abu setebal 20 sampai 50 cm.

Semoga dengan kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan Ukhuwwah ( Persaudaraan ) antara santri dan masyarakat. karena pada sejatinya seorang muslim itu bersaudara. Jika saudara kita merasakan sakit maka kitapun merasakan sakit. Jika saudara kita dilanda musibah maka seharusnya kita terpanggil untuk membantunya.

Perumpamaan Umat Islam sebagaimana digambarkan Rasulullah Saw. bagaikan satu tubuh. Hadits Rasul yang diriwayatkan oleh Nu’man bin Basyir berbunyi:

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى (رَوَاهُ مُسْلِمٌ).

Artinya: “Perumpamaan orang-orang mukmin dalam berkasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam”. (HR. Muslim).

Bila seorang atau sekelompok mukmin menderita kesulitan, maka mukmin yang lain juga seharusnya merasakan itu. Itulah makna ukhuwah sesungguhnya. Islam mendorong Umatnya untuk menerjemahkan ukhuwah dalam kehidupan sehari-hari. Agar mereka dapat merasakan apa yang diderita saudaranya se-agama, untuk selanjutnya memberikan bantuan apapun bentuknya agar meringankan beban dan penderitaan saudaranya itu.

Semoga Seluruh Kegiatan Kita Bernilai Ibadah. Aamiin.

 

 

by : Dian Ahmad Jufrih  ( admin )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *