FULL PELATIHAN SEBELUM KBM

Untuk mencapai sebuah tujuan perlu sebuah persiapan. Semakin matang persiapannya semakin besar kemungkinan tujuan akan tercapai.

Satu minggu sebelum KBM di mulai, pondok pesantren daarul ukhuwwah melaksanakan persiapan menghadapai KBM smester genap berupa pelatihan yang ditujukan untuk guru maupun siswanya. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 16-18 kemarin. Dimana tanggal 16-17 dilaksanakan untuk santri, dan tanggal 18 adalah upgreading guru.

Pelatihan yang ditujukan untuk siswa dan guru sedikit berbeda. Santri diberi pelatihan tentang kepemimpinan, dimana bertujuan agar para siswa mampu mengelola keorganisasian mereka menjadi lebih matang dan profesional. Kita tahu sendiri di pondok pesantren umumnya santri kelas atas akan mendapatkan amanah untuk menegakkan peraturan di pondok. Tentunya amanah ini tidak dapat dilaksanakan dengan maksimal jika tidak ada bekal tentang kepemimpinan.

 

Pemateri pelatihan untuk siswa adalah bapak Romadhon, M.Pd. (salah satu dosen di Malang)
Bersama ketua OSADU (senyum penuh semangat)

 

Berbeda dengan pelatihan guru. Guru mendapatkan materi tentang mind-set guru di abad 21. Tentunya ini sangatlah penting karena zaman berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Bayangkan jika mind-set guru tidak sesuai dengan zamannya, pasti akan kesulitan bahkan akan mustahil untuk mencapai tujuan pendidikannya. Persiapan semakin matang saat sesi tanya jawab atau konsultasi, saat situlah kesempatan bagi guru atau siswa untuk mendapatkan solusi dari sang pakar untuk menyelesaikan keluhan mereka selama ini.

Pemateri pelatihan guru: Dr. H. D. Santoso, Hs., M.Pd. (asesor pada kegiatan akreditasi beberapa bulan yang lalu)

 

Mari kita semua berdoa, semoga dengan kegiatan tersebut proses belajar mengajar di PPDU ke depannya semakin maksimal.

 

 

 

Penulis : Krisna Agusti, S.Pd.

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.