G30S PKI DI PPDU

Sejarah memang tidak boleh kita lupakan begitu saja. Apabila mengetahui sejarah kita bisa lebih bersyukur dengan keadaan kita saat ini karena kita tau begitu sengsaranya orang-orang terdahulu untuk memperjuangkan kemerdekaan ini, untuk memperjuangkan kedamaian saat ini sampai-sampai harus mengorbankan banyak darah.

            Sabtu malam kemarin, tepatnya tanggal 30 September 2017, pondok pesantren mengajak semua masyarakan pondok untuk memperingati sejarah Indonesia memilukan saat, yaitu peristiwa G30S PKI. Tepatnya pukul 20.00 wib seluruh santri dan para pengasuh pondok berada di lapangan futsal untuk nobar film G30S PKI yang sudah -/+ 17 tahun tidak ditangkan.

 

 

 

Sebelum film diputar, pimpinan pondok KH. Dr. Muhammad Ajir Abdi Moenip Lc.MA memberikan pengantar. Belian berharap dengan pemutaran film tersebut dapat menjadi peringatan agar kita selalu mengingat dan menjauhi sifat tercela yang sempat terjadi di zaman tersebut. Beliau juga menceritakan dua hal yang terjadi di zaman tersebut tetapi tidak terdapat pada film, yaitu penyerangan PKI ke pondok modern Gontor dan keluarga kakek beliau (kiai Imam Ahmad ) yang dulu juga menjadi korban kebiadaban PKI berupa pengambilan tanah secara paksa.

Selain pengantar dari pimpindan Pondok, terdapat pengantar yang disampaikan oleh perwakilan dari koramil Pakis. Barulah setelah itu film diputar. Semua tidak sabar ingin menonton film tersebut. Selama film diputar semua penonton mulai dari santri kelas 1 sampai pimpinan pondok duduk ditempat masing-masing sampai film selesai diputar. Film tersebut berakhir menjelang pukul tengah malam.

 

 

Penulis             : Publisher PPDU

Editor              : Krisna Agusti, S.Pd

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.