IFTHOR JAM’I

9 Ramadhan 1435H / 7 Juli 2014 M di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah menyelenggarakan  Ifthor Jam’i (Buka Bersama) bersama ratusan santri. Kegiatan yang bertempat di lapangan bulu tangkis, di depan kediaman Pimpinan Pondok, KH. DR. Muhammad Ajir Abdi Moenip, Lc. MA. Ifthor jam’i tersebut dipelopori oleh Syeikh Abdul Latief bin Abdullah Asy Syitsry.

Sebelum tiba waktu maghrib, tepatnya setelah para santri membaca Al-Ma’tsurat bersama di masjid, tamu kehormatan Ust. Faris Jihadi menyampaikan muhadharah seputar Hifdul Qur’an, seebagai wacana dan motivasi menghapal Al Quran bagi para santri.

“Beberapa hari sebelum Ramadhan, saya melihat acara Hafidz Indonesia di RCTI…” dan saya berharap santri Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah juga menjadi Ahli Qur’an yaitu Santri hafal, faham dan mengamalkan isi Al – Qur’an.

Banyak orang di dunia ini khususnya di negeri ini berprasangka bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit. Prasangka seperti itu tidak layak dibiarkan berkembang, bahkan harus dibuang jauh-jauh sampai hilang dari benak setiap muslim di negeri ini. Sebab prasangka tersebut tidak sesuai dengan fakta, bahkan bertentangan dengan penjelasan dan janji Allah dalam surat al Qomar ayat 17, bahwa Al Qur’an itu mudah untuk dihafal

Surah Al Qamar 17
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ )
(Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran) Kami telah memudahkannya untuk dihafal dan Kami telah mempersiapkannya untuk mudah diingat (maka adakah orang yang mengambil pelajaran?) yang mau mengambilnya sebagai pelajaran dan menghafalnya. Istifham di sini mengandung makna perintah yakni, hafalkanlah Alquran itu oleh kalian dan ambillah sebagai nasihat buat diri kalian. Sebab tidak ada orang yang lebih hafal tentang Alquran selain daripada orang yang mengambilnya sebagai nasihat buat dirinya..

Pada faktanya, di setiap generasi selalu banyak orang yang dapat menghafal Al Qur’an. Mulai dari sejak awal diturunkannya Al Qur’an kepada Rasulullah SAW hingga saat ini, dunia ini tidak pernah kosong dari orang-orang mulia para penghafal Al Qur’an. Merekalah Keluarga Allah yang dicintai oleh Allah karena Qur’an.

Pada hakikatnya, Al Qur’an itu mudah untuk dihafal. Siapa saja yang mau bertekad dan bersungguh-sungguh untuk menghafal Al Qur’an, pasti ia bisa dengan mudah untuk menghafalnya. Hal ini sudah merupakan jaminan dari Allah ‘Azza wa Jalla sebagai pemilik Al Qur’an.?”

Surah Al Qamar 17

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ (17)
Pada ayat ini Allah menerangkan bahwa Dia yang menurunkan Alquran dengan mempermudah pembacaan dan pengertiannya yang penuh mengandung ibarat dan tamsil untuk dijadikan pelajaran bagi orang yang hendak merenungkannya.
Dalam ayat yang lain yang bersamaan maksudnya Allah berfirman:

وذكر فإن الذكرى تنفع المؤمنين
Artinya:
Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.
dan seperti firman Nya:

كتاب أنزلناه إليك مبارك ليدبروا آياته وليتذكر أولوا الألباب
Artinya:
Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.
(Q.S. Az Zariyat: 55)
dan firman Nya:

فإنما يسرناه بلسانك لتبشر به المتقين وتنذر به قوما لدا
Artinya:
Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Alquran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang.
(Q.S. Shad: 29)

Dahhak telah meriwayatkan bahwa Ibnu `Abbas berkata: “Andaikata Allah tidak memudahkan Alquran bagi lidah manusia niscaya tidak seorang pun dari manusia yang dapat berbicara dengan pembicaraan Allah”.
Pada akhir ayat ini Allah SWT memperingatkan manusia adakah terdapat orang-orang yang mengambil dari isi Alquran dengan mengamalkan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya.

Pimpinan Pondok PPDU beserta Ust Uril dan Ust Fariz Jihadi

Pimpinan Pondok PPDU beserta Ust Uril dan Ust Fariz Jihadi

update iftor

Penulis  :  Aorta Abdillah

Editor  :  Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *