ONE MONTH ONE JUZ

 

6 s/d 12 Februari. Mushaf Al-qur’an dengan metode Tikrar adalah bentuk sistematisasi dari cara menghafal Al-qur’an yang paling tua dan yang banyak diamalkan oleh para huffazh (penghafal Al-Qur’an) dari dulu hingga sekarang.

Inilah yang diterapkan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah. Santri Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah melaksanakan ujian tahfidh qur’an setelah satu bulan menerapkan metode hapalan qur’an Tikrar seusai sholat magrib dan subuh. Yaitu metode menghafal tanpa menghafal. Pada ujian tersebut para santri dibagi menjadi  empat level.

Setiap bulannya para santri ditargetkan menghafal satu juz Al-quran. Pada pembagian lever tersebut, para santri dibagi berdasarkan kemampuan menghafal selama satu bulan tanpa memandang tingkatan kelas. Level satu adalah santri dengan kemampuan menghafal ¼ juz dalam satu bulan. Level dua adalah santri dengan kemampuan menghafal ½ juz dalam satu bulan. Level tiga adalah santri dengan kemampuan menghafal ¾ juz dalam satu bulan. Sedangkan level empat adalah santri dengan kemampuan menghafal 1 juz dalam satu bulan.

Metode tersebut memang ampuh dalam meningkatkan hafalan qur’an para santri. Terbukti jumlah santri yang mampu menghafal  1 juz dalam satu bulan mengalami peningkatan yang derastis, lebih dari 40 santri.

“Metode ini lebih memudahkan karena saya lebih cepat hafal. Biasanya satu satu bulan hanya mampu menghafal 4 lembar,  tapi sekarang  satu bulan sudah bisa menghafal sau juz,” ujar para santri.

Santri yang masuk dalam kategori level 1, 2, dan 3 bukan berarti tidak ada peningkatan. Jika dilogika, santri yang ada di level satu atau santri yang mampu menghafal ¼ juz dalam satu bulan, jika dihitung-hitung dalam satu smester atau lima bulan akan mampu menghafal 1 ¼  juz Al-Qur’an. Itu berarti  tetap ada peningkatan dibanding metode sebelumnya yang hanya satu juz tiap smester.

Jika metode ini terus dilaksanakan maka dalam satu tahun santri PPDU bisa menghafal paling tidak 11 juz karena yang satu bulan terpotong liburan hari raya dan smester. itu berarti santri PPDU bisa menghafal 30 juz Al-qur’an dalam waktu tiga tahun, setelah itu hanya pendalaman dan pemantapan bacaan saja. Semoga Allah menjadikan para santri PPDU hafidh qur’an. Sungguh Al-Quran adalah sebuah mukjizat yang nyata.

level 1 didampingi langsung uleh Dr. KH. Muhammad Ajir Abdi Moenip Lc.MA di ruang sekertariat pondok.

 

level 3 berada di ruang perpustakaan.

 

level 3 berada di kelas.

 

level 1 berada di gedung serba guna.

 

Penulis                 : Krisna Agusti

Editor                    : Ust. Dian Ahmad Jufrih

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.