PELATIHAN PENGELOLAHAN SAMPAH

    Sabtu, 15 April 2017 Pondok Pesantren Daarul ukhuwwah menyelenggaraakan acara diskusi dan sharing pengelolaan sampah yang diisi oleh Dinas lingkungan hidup kabupaten Malang. Acara yang dilaksanakan pada pukul 08.00 – 11.00 WIB, diikuti oleh seluruh santri Daarul Ukhuwwah sebagai sarana untuk mengetahui cara mengelolah sampah dengan baik daan benar. Dinas lingkungan hidup menyampaikan bahwa sampah yang kita buang masih bisa dimanfaatkan dan masih punya harga jual yang bernilai tinggi seperti kertas, botol minuman dll.

          Dinas Lingkungan Hidup juga menyampaikan tentang kondisi sampah di kabupaten Malang yang dapat mencapai angka  6000 m³/3000 ton sampah per harinya.

          Setelah menyampaikan pokok masalah, pak Renung, selaku pembicara memberikan solusi yang tepat untuk sampah dengan cara dikelola secara mandiri agar menjadikan lingkungan terasa  segar. Hal itu merupakan salah satu bentuk pencegahan  membakar sampah yang dampaknya sangat berbahaya bagi tubuh kita  karena menyebabkan kanker,ISPA (infeksi saluran pernapasan), dll.

          Di penghujung acara seluruh santri dan beberapa panitia melakukan pengambilan foto bersama. Sementara itu para kakak pembina kumpul bersama Dinas Kebersihan Lingkungan guna melakukan berkerja sama dalam upaya pengelolaan sampah.

          Usai acara, para santri melaksanakan upaya pengelolaan sampah di area pondok dengan dibimbing oleh para pembina. Mereka mengambil, mengumpulkan, dan memilah sesuai jenisnya. “Kami harap para santri Daarul Ukhuwwah semakin paham akan sampah, dan semakin sadar atas rasa kepemilikan pondok yang sangat besar, untuk menjaga kebersihan pondok ini,” ujar kak Nizam Aulia selaku koordinator pramuka.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten MAlang memberikan materi pengelolahan sampah

 

Para Santri bersemangat mengumpulkan dan mengolah sampah di lingkungan pondok

 

Penulis        : Waznin A. Almuzakky

Editor          : Krisna Agusti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *