Pembekalan Pengajaran Bagi Asatidz

Pimpinan menyampaikan pentingnya i'dad tadris dalam proses belajar mengajar

PPDU MALANG, Alhamdulillah kegiatan pendidikan dan pengajaran di Pesantren Daarul Ukhuwwah, Malang. berjalan dengan baik dan lancar, setiap saat selalu melakukan pembenahan dari berbagai segi. Seperti pembenahan di bidang ekstarkurikuler, bidang kedisiplinan, bidang ibadah dan bidang pendidikan dan pengajaran. Bukan hanya dari santri yang dibina. Namun, Asatidz pun juga dibina demi menunjang pendidikan yang lebih baik bagi santri – santri di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah. Yang terbaru pada tahun ini adalah kegiatan pembekalan pengajaran yang dilaksanakan mulai hari senin, 1 Februari 2016 s/d Selasa, 2 Februari 2016 di Aula Utama PPDU. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan kompetensi guru dan penyeragaman penyampaian materi oleh guru kepada para siswa serta mengintensifkan program taujihu al-tadris (‘pembimbingan pengajaran’) untuk para asatidz, Mengingat pentingnya program ini maka Seluruh Asatidz diwajibkan mengikuti, tanpa terkecuali. Acara ini di Pimpin langsung oleh Pimpinan Pusat Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Al – Mukarrom  KH.Dr Muh. Ajir Abdi Moenip Lc.MA serta turut hadir pada acara ini Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 1 Al – Mukarrom KH. Ahmad Syakirin Lc.MA dan Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah 2 Al – Mukarrom KH. Dr. Musha Syaraf Lc.MA

Penulisan i‘dad telah menjadi kewajiban guru, dalam upaya memaksimalkan pengelolaan kelas selama KBM berlangsung. Setiap guru diharuskan membuat, memeriksakan dan menandatangankan i‘dad nya kepada Pimpinan Pondok Pesantren dan Asatidz Senior. Selanjutnya, berusaha mengintensifkan program ini dengan melakukan kegiatan tilang atau pemerikasaan i‘dad di kelas-kelas. Guru yang diketahui tidak membuat atau tidak membawa i‘dad, tidak diperkenankan mengajar dan diganti dengan guru lain.

Diharapkan dengan pembekalan, Seluruh Asatidz dapat membuat dan menyusun persiapan mengajar ‘I’dâdud darsi” secara lengkap untuk durasi satu jam pelajaran (45 menit). Dalam buku persiapan mengajar yang dibuat mereka wajib dicantumkan alokasi waktu untuk pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.

Pimpinan menyampaikan pentingnya i'dad tadris dalam proses belajar mengajar
Pimpinan menyampaikan pentingnya i’dad tadris dalam proses belajar mengajar
Asatidz mendengarkan dengan khidmat
Asatidz mendengarkan dengan khidmat
Pembuatan I'dad
Pembuatan I’dad
Pembuatan Iqdad
Pembuatan I’dad

 

Admin : DAJ

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.