RAMADHAN DI PONDOK PESANTREN DAARUL UKHUWWAH

 

Ramadhan, adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu  oleh semua umat muslim begitu pula santri Daarulukhuwwah, karena di bulan ini parasantri berlomba lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya seperti yang disebutkan dalam surat Al-baqarah ayat 148 yang artinya “Maka berlombalah kalian dalam kebaikan”.

Para santri berlomba-lomba  mencari barokah di bulan Ramadhan di ataranya: berlomba lomba menghatamkan Al-qur’an sebanyak-banyaknya, terlebih lagi pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Dr. KH. Muhammad Ajir Abdi Moenip Lc.MA menyampaikan agar para santri minimal menghatamkan Al-qur’an sebanyak 2x selama bulan Ramadhan. Selain memperbanyak membaca Al-qur’an, santri juga memperbanyak sholat malam, dan perbuatan amal baik lainya.

Di bulan ramadhan yang suci ini terdapat amalan sunnah yang tidak dilaksanakan selain di bulan suci ini yaitu shalat sunnah tarawih.  Di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah, tarawih juga menjadi salah satu bahan pembelajaran bagi para santri. Para santri dari kelas 3 MA dan 2 MA dilatih untuk menjadi imam sholat tarawih yang baik dengan cara diberi jadwal imam shalat tarawih. Mereka dituntut untuk memimpin shalat tarawih sesuai syariat islam.

Tidak hanya shalat terawih saja yang meramaikan tetapi tadarus bersama juga dilantunkan oleh seluruh santri demi menghatamkan Al-qur’an di bulan suci ini, dan dalam tadarus ini dilaksanakan begiliran oleh para santri yang dimulai dari kakak senior MA kelas 3 dan dilanjutkan adik-adik kelasnya.

Pada bulan yang suci ini mereka juga dibebankan oleh ujian akhirussanah. Para santri tetap semangat belajar bersama setiap selesai shalat tarawih di lapangan futsal. Dan kini ujian akhirussanah telah selesai dilaksanakan. Meskipun ujian akhirussanah sudah sudah berakhiir, para santri masih berada di pondok untuk satu minggu kedepan. Untuk mengisi kekosongan, para OSADU (Oraganisasi Santri PPDU) akan menyelenggarakan festifal ramadhan. Bagaimana keseruan festifal  Ramadhan. Tungguhlah berita selanjutnya!

 

Penulis             : Maulana Iqbal
Editor              : Krisna Agusti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *