Rihlah Tarbawiyah Wa Iqtishodiyah 2017

16 s/d 18 Februari 2017. Santri kelas 6 Pondok Pesanren Daarul Ukhuwwah melaksanakan Rihlah Tarbawiyah Wa Iqtishodiyah. Acara tersebut dibimbing oleh ust Dian Ahmad Jufrih, ust Amri Sofyan, ust Muslimin dan beberapa ustad pendamping. Rihlah merupakan kegiatan yang dikhususkan untuk santri akhir agar memperoleh pengetahuan tentang perekonomian serta pendidikan. Pada kali ini Rihlah dilaksanakan di  Kabupaen Jember dan kabupaten Bondowoso.

Semua santri kelas 6 dan beberapa pendamping berangkat Rihlah dari PPDU menuju Jember pada tanggal 16 Februari 2017 pukul 00.00 wib. Sampai di Jember pukul 04.00 wib. Setelah sholat subuh dan matahari sudah mulai terbit, tujuan pertama adalah menuju pusat penelitian kopi dan kakau Indonesia. Disana mereka diajak berkeliling  dan ditunjukkan cara pengolahan kopi maupun kakau, mulai dari memilih buahnya sampai diolah menjadi coklat dan kopi yang siap dijual.

Para santri kelas 6 PPDU diajak berkeliling dan melihatproses pembuatan kopi dan coklat.

Penyerahan cinderamata oleh santri PPDU kepada pimpinan pusat penelitian kopi dan kakau Indonesia.

Tujuan kedua yaitu Pondok Ibnu Katsir yang berada di kabupaten Jember. Disana mereka disambut gembira oleh Sang kiai, KH. Abu Hasan Al Hafidh, para santri PPDU mendapakan wejangan dan motifasi untuk menghafal Al-qur’an dan bagaimana selanjutnya Al-qur’an itu harus dijaga dengan cara istiqomah dalam muroja’ah.

KH. Abu Hasan Al Hafidh memberikan wejangan kepada para santri kelas 6 PPDU.

Malam harinya semua santri dan pendamping istirahat dan menginap di rumah salah satu asatidz PPDU , yaitu ustadz Dian Ahmad Jufrih yang bertempat di desa Pakuniran, kec. Maesan, kab, Bondowoso.

Keesokan harinya, pada tanggal 17 Februari 2017, para santri diajak menuju ke home industri di kota tape tersebut. Apalagi kalau bukan home industri tape. Tape ini lah yang biasa dijual kepada para wisatawan yang telah datang ke Bondowoso sebagai oleh-oleh. Mereka diberikan penjelasan cara pembuatan tape mulai dari pemilihan singkong sampai proses pemasaran tapenya.

Kunjungan sanri kelas 6 PPDU ke home industri tape.

Pemberian cinderamata dan foto bersama santri kelas 6 PPDU dengan pengelolah home industri tape di kabupaten Bondowoso.

Selanjutnya santri diajak menuju Pondok Pesantren Daarul Istiqomah. Pondok Pesantren Daarul Istiqomah merupakan salah satu pondok pesantren yang ikut berkontribusi bagi PPDU, karena sebagian asatiz PPDU berasal dari Pondok Pesantren Daarul Istiqomah, yaitu ustad Khoirul Amri, ustad Dian Ahmad Jufrih, ustad Taufik Indra, ustad Hasan Asmawi, ustadzah Romlah, dan 3 ustadzah pengabdian yang tersebar di PPDU putri 1 dan 2.

Kiai Pondok Daarul Istiqomah, KH. Masruri Abdul Muhit Lc., memberikan wejangan kepada santri-santri PPDU agar tidak minder menjadi lulusan pondok. serta beliau memompa semangat santri kelas akhir ini untuk terus percaya dan bangga serta menjadi lulusan pondok, jangan diam tapi teruslah berjuang, jangan takut miskin dalam berjuang. Karena Allah Subhanahuwata’ala menjamin kehidupan orang yang berjuang dijalannya.

“Jika menjadi dokter, jadilah dokter yang suka berdakwah. Jika jadi pengusaha, jadilah pengusaha yang suka berdakwah. Yang selalu memberikan nilai-nilai islam.”

KH. Masruri Abdul Muhit Lc. memberikan wejangan kepada santri kelas 6 PPDU.
penyerahan cindera mata kepada Pimpinan Pondok Pesantren Darul Istiqomah
Pemberian cinderamata dan foto bersama santri kelas 6 PPDU dengan pimpinan pondok Daarul Istiqomah.

Sorenya para santri PPDU melaksanakan pertandingan sepak bola persahabatan dengan santri PPDI.

foto bersama setelah pertandingan sepak bola antara santri PPDU vs santri PPDI.

Demikian adalah perjalanan Rihlan santri kelas 6 PPDU tahun 2017.  Semoga ini bisa  menjadi bekal para santri setelah mereka lulus saat terjun ke Masyarakat.

sebagai acara penutup, santri kelas 6 diajak tadabur alam ke gunung Ijen. Malam hari mereka mendaki untuk melihat kawah ijen, Blue Fire yang hanya ada 2 di dunia.

 

Penulis             : Krisna Agusti

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.