Serangkaian Khutbatul Arsy ” Pekan Perkenalan ” Pon Pes Daarul Ukhuwwah Malang

Pimpian PPDU sedang membacakan Pancasila dan Panca Jiwa Pondok

PPDU,… Pekan perkenalan, kegiatan yang diadakan pada tanggal 4-9 Agustus 2015, dimana kegiatan ini adalah wujud mengenalkan Pondok kepada para santri baru dan santri lama di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah, supaya mereka lebih mengenal kembali, memahami kembali dan menjiwai kembali jiwa-jiwa Pondok.
Yang dalam kegiatan tersebut di isi salah satunya dengan Khutbatul Arsy, menurut istilah bahasa dari definisi tersebut adalah Khutbah yang dilaksanakan di atas langit, artinya yang berkhutbah di atas langit, yang mendengarkan di atas langit, kenapa? Karena yang disampaikan tentang nilai-nilai Pondok, jiwa-jiwa Pondok yang di dalamnya di dasari oleh Al-Qur’an dan Al-Hadits. Artinya, kegiatan ini sangat mulia, memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan Pondok, arti perjuangan, arti kehidupan dan arti keilmuan.
Khutbatul Arsy disampaikan oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah KH. DR. Muh. Ajir Abdi Moenip Lc.MA, Acara ini berlangsung sangat khidmad sekali. Acara ini hanya di selenggarakan setahun sekali, itu pun ketika di awal tahun ajaran baru. Agar seluruh santri bisa memahami dan lebih mengerti tentang kehidupan Pondok.
Pimpinan Pondok juga menjelaskan panjang lebar tentang apa itu jiwa pondok ? Kemana santri setelah lulus dari pondok ?
“ Santri Daarul Ukhuwwah lulus kelas 6 harus hafal 16 juz, dan tidak hanya sampai disitu saja setelah lulus kelas 6 santri harus menempuh Pendidikan Tahfidz Qur’an di Ma’had Tahfidzul Qur’an Daarul Ukhuwwah Lumajang selama 1 tahun dengan target 30 juz. Setelah itu santri bisa melanjutkan pendidikannya baik diluar maupun didalam negeri dengan berbekal bahasa arab dan bahasa inggris secara aktiv serta hafal qur’an 30 Juz, karena inilah cita – cita Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah untuk mencetak kader ulama pejuang . “

Kegiatan khutbatul ‘arsy ini ditutup dengan acara Apel Tahunan dengan menggelar acara lomba baris berbaris antar konsulat ( antar daerah ) kemudian malam harinya ditutup dengan acara PG ( Panggung Gembira )…

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.