Ujian Lisan Akhir Semester 2016

PPDU–Sejak Senin (23/5) hingga Jum’at (27/5) lalu, seluruh santri dari kelas  1—4 mengikuti ujian syafahi (ujian lisan-red) pondok pesantren daarul ukhuwwah. Ujian Lisan yang dilaksanakan kali ini melibatkan sekitar 300 santri dan dewan penguji dari dewan asatidz dan santri kelas 5.

Ujian ini dilaksanakan dalam 21 ruang di seluruh bangunan pondok. Dalam rentangan waktu 5 hari tersebut, setiap santri Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah mendapat jatah masuk ruang ujian sebanyak 3 kali. Tiga Ujian Lisan tersebut bermaterikan: Bahasa Arab untuk Tingkat SMP (Muhadatsah, Mutholaah, Mufrodat, Nahwu, dan Shorf), Bahasa Arab untuk tingkat SMA (Muhadatsah, Nahwu, Shorf, Balaghah, Muthoolaah, Mufrodat dan Mahfudzat), Bahasa Inggris (Conversation, Reading, Vocabularies dan Grammar), dan Fiqh ( Masail Fiqhiyyah, Ayat Ahkam, Doa Doa sehari hari, Ibadah Qouliyah, dan Ibadah Amaliyah).

DSC_2614
santri sedang duduk di kursi panas

Selain untuk mengukur kemampuan intelektual santri dan mengetahui hasil pembelajarannya selama satu semester, ujian ini juga bertujuan untuk mengasah mentalitas dan rasa percaya diri santri ketika berhadapan dengan para penguji. Apabila santri tersebut memiliki rasa percaya diri dan mental yang kuat, dia cenderung akan melalui ujian dengan baik. Dan kebalikannya, santri yang kurang percaya diri cenderung merasa gerogi di dalam ruang ujian sehingga segala yang telah dihafalnya menjadi terlupakan.

Penulis: Waznin A. Almuzakky

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.