Ujian Lisan Daarul Ukhuwwah Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017

Satu minggu kemarin Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah telah melaksanakan ujian Lisan. ujian lisan dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 20 Mei 2017.  Ujian lisan diikuti santri kelas 1-5. Ujian berjalan dengan lancar karena pelaksanaan ujian juga melibatkan santri kelas 6 sebagai pengawas. Hal ini dilakukan untuk melatih mereka bagaimana cara menilai kemampuan murid.

Sebelum ujian para santri yang menjadi peserta ujian dibagi beberapa  kelompok. Masing-masing kelompok berjumlah antara 10-12 anak. Masing-masing kelompok tersebut kemudian mendapatkan jadwal pelaksanaan ujiannya, kapan mereka ujian lisan bahasa Inggris, kapan mereka ujian lisan bahasa Arab, kapan mereka ujian lisan aibadah.

Lokasi ujian berbeda-beda dan terpisah, ada yang di Lapangan Futsal, ada yang di Gedung Serba Guna,  ada juga yang di Kelas. Saat ujian para santri di tes satu persatu tentang materi yang diujikan. Contohnya saja bahasa inggris, saat menghadap penguji mereka akan diajak ngobrol menggunakan bahasa inggris, atau saat mata ujian ibadah, mereka disuruh untuk praktek mengkafani sang mayit. Masih banyak kegiatan saat ujian lisan, bergantung kelas yang diuji.

Tentunya para santri sudah bersiap-siap menghadapi ujian tersebut, setiap malam semua santri yang menjadi peserta ujian wajib belajar bersama di lapangan futsal setelah shalat isyak. Kegiatan belajar masih dilaksanakan sampai saat ini. karena besok (2/5) mereka masih akan melaksanakan ujian tulis sampai (3/6)sebagai syarat kenaikan kelas.

 

Peserta didik mengantri masuk ruang penguji, karena mereka akan diuji satu persatu

Setiap kelompok diuji oleh 3 penguji, 2 asatidz dan 1 sanri keas 6

 

Bukan hanya pertanyaan, santri juga diujikemampuannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *