Ujian Lisan di PPDU Malang

Ujian Syafahi

Malang, Ujian lisan diadakan mulai tanggal 2 s/d 5  dalam rangka memupuk kepercayaan diri dan kematangan dalam penguasaan materi pelajaran.

Tidak semua pelajaran diujikan secara lisan. Ujian lisan hanya meliputi tiga kelompok pelajaran, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan alQuran. Materi Bahasa Arab terdiri atas pelajaran Muthola’ah (bacaan), Mahfudzat (hafalan), Nahwu, Sharf dan Balaghah. Materi ujian Bahasa Inggris meliputi reading, conversation, translation, vocabulary, dictation dan grammar. Sedangkan materi yang diujikan di kelompok alQuran meliputi tilawah (bacaan), hafalan zikir, doa, Tajwid serta Fiqh.

Selama ujian lisan berlangsung, ruang-ruang kelas disulap menjadi tempat wawancara. Satu santri berhadapan dengan 3-4 orang penguji berasal dari kalangan guru. Setiap pagi, para penguji dari kelas lima wajib menyiapkan ruangan. Sebersih dan seindah mungkin. Mereka juga harus membuat i’dat atau persiapan berisi materi ujian yang berisi rangkaian pertanyaan yang akan diajukan kepada santri.

Setiap hari, sedikitnya ada 15 santri yang diuji di satu ruangan. Ujian digelar dari pagi hingga siang hari. Para santri stand by di depan kelas sambil mengulangi pelajaran. Mereka mempersiapkan diri mati-matian agar bisa menjawab apapun pertanyaan yang mungkin keluar dari mulut para penguji. Ada yang membuat simulasi tanya-jawab dengan temannya. Ada yang mencoba menggali informasi dari orang yang baru keluar dari ruang ujian. Untuk trik terakhir tidak selamanya berhasil, karena penguji mempunyai banya stok pertanyaan, sehingga antara si A dan si B belum tentu mendapatkan pertanyaan yang sama dari tim penguji.

Lamanya durasi per santri sangat tergantung pada penguji dan orang yang diuji. Biasanya, semakin tepat jawaban yang diberikan, semakin banyak pertanyaan yang keluar dari mulut penguji. Itu artinya si santri sedang diuji batas kepintarannya, sampai dia merasa bahwa dirinya tidak sepintar yang dibayangkan. Metode ini diterapkan untuk mengontrol ego santri agar tidak menjadi gelas penuh yang sulit diisi dengan ilmu karena merasa sudah pintar.

Ujian Syafahi
Ujian Syafahi

2 Comments

  1. Assalamualaikum.Saya tertarik dengan PPDU,apakah bisa melanjutkan langsung kelas 2 smp? sementara saya sudah terlewat ujian pendaftaran pada bulan februari.Tolong penjelasannya. شكران

    • walaikumsalam….. untuk bisa langsung kelas 2 . saudara harus lancar bahasa arab dan hafal 2 juz al Qur’an ( ju7z 29/30 ) ….
      biasanya di test langsung oleh Pimpinan Pondok untuk Bahasa Arabnya. kalau tidak… saudara mengulang dari kelas 1

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.