UJIAN SYAFAHI ( Ujian Lisan )

PPDU MALANG-Hari-hari ujian yang dinantikan segenap santri Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah, Malang sudah di ambang pintu. Ujian awal tahun periode 2015 – 2016 diawali dengan pengarahan Pimpinan Pondok di gedung serbaguna dalam acara yang bertajuk  “At-Taujihat wa Al-Irsyadat wa Tauzi’u Al-‘Amal fi Al-Imtihan As-Syafahi li Awwali As-Sanah Ad-Dirasiyah”, Jum’at, 4 Desember 2015 pagi. Dengan dihadiri oleh seluruh Asatidz, acara yang mencakup pembagian tugas ujian syafahi (ujian lisan-red) ini juga diikuti segenap santri PPDU.

Dalam kesempatan ini, Dr. K.H. Muh. Ajir Abdi Moenip. Lc. MA menyampaikan berbagai hal terkait pentingnya ujian di PPDU. Untuk itu, baik guru-guru maupun siswa. mereka hendaknya saling menjaga proses kegiatan belajar selama ujian berlangsung, sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif bagi santri se-PPDU

“Dalam menghadapi ujian semuanya harus tekun, selain itu, kita juga harus berani menghadapi ujian. Dengan ujian, kita akan meningkat, karena kita telah berlatih mengatur waktu, tenaga, dan pikiran. Hal itu memerlukan motivasi, yaitu motivasi untuk maju dan meningkatkan diri dengan motto

“ UJIAN UNTUK BELAJAR, BUKAN BELAJAR UNTUK UJIAN “

 jika ada yang berusaha nyontek dalam ujian ini. Maka, akan dikeluarkan dari pondok dan minimal tidak naik kelas. Kejujuran itu penting. Hendaknya, seluruh santri takut kepada Allah bukan kepada penjaga ujian. tutur” Dr. K.H. Muh. Ajir Abdi Moenip. Lc. MA. di hadapan para dewan guru dan seluruh santri.

Setelah mendengarkan pengarahan dari Bapak Pimpinan, Dr. K.H. Muh. Ajir Abdi Moenip. Lc. MA.. Setiap guru maupun siswa kelas 6 mendapatkan tugasnya masing-masing, baik bertugas sebagai penguji, piket bagian, ataupun tugas pondok lainnya. Pastinya, tidak seorang pun dari dewan guru dan siswa kelas 6 yang tidak terlibat dalam penyelenggaraan ujian di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah, Malang.

Pengarahan Ujian
Pengarahan Ujian

 

Sambil ngantri kamar mandi sambil belajar
Sambil ngantri kamar mandi sambil belajar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.