SHOPPING CART

close

Shalat Gerhana di PPDU Putra

   Rabu pagi (9/3), keluarga besar pondok pesantren daarul ukhuwwah menggelar sholat gerhana matahari yang dilaksanakan di lapangan futsal. Ibadah sholat gerhana ini pertama kali diselenggarakan di pondok mengingat gerhana matahari hanya terjadi dalam kurun waktu 33 tahun sekali.

720
Jama’ah shalat gerhana

      Acara yang dimulai pada pukul 06.30 ini, langsung dipImpin oleh pengasuh pondok pesantren daarul ukhuwwah, KH. Dr. Muhammad Ajir Abdi Munip Lc, MA. Sholat yang bertujuan untuk mengagungkan kebesaran Allah ini, dilaksanakan kurang lebih sekitar 30 menit.

   Sebelum mendirikan sholat, bapak pimpinan memberi pengarahan tentang cara sholat gerhana matahari. Sholat yang hukumnya sunnah muakkadah ini, terdiri dari 2 rakaat yang disetiap rakaatnya tersusun dari 2 kali membaca fatihah dan ayat ayat Al-Qur’an , 2 kali ruku’ dan 2 kali i’tidal.

    Gerhana matahari mulai terlihat dan khuthbah mulai disampaikan oleh imam. Dalam khuthbahnya, beliau menyampaikan untaian ayat dari surat Yaasiin. Ayat yang disampaikan beliau berbicara tentang kebesaran Allah dan fenomena alam yang langka, yaitu gerhana matahari. Di akhir khuthbah, beliau mengingatkan kepada jamaah yang hadir pada acara itu untuk bertafakkur pada fenomena ini dan beliau juga mengingatkan akan kedekatan hari akhir.

Jama'ah shalat gerhana
Jama’ah shalat gerhana

 

Penulis : Waznin

Admin  : DAJ

Tags:

0 thoughts on “Shalat Gerhana di PPDU Putra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Info Pendaftaran? Chat with us