SHOPPING CART

close

Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Santri tidak bisa dipisahkan dari sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Betapa penting dan hebatnya hingga layak menjadi salah satu hari peringatan nasional. Ia adalah maskot bagi bangsa dan ummat Islam. Yang jejaknya tak kan pernah hilang ditelan oleh zaman.

Tepat pada hari jum’at, tanggal 22 Oktober 2021 M / 15 Rabi’ul awwal 1443 H. Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang mengadakan upacara peringatan hari santri nasional, dimana pada hari itu Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) diliburkan dan digantikan oleh upacara yang diikuti oleh seluruh asatidz dan santri Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang.

 

Upacara pada hari itu berbeda dari upacara- upacara pada umumnya yang biasa menggunakan pakaian formal seperti, memakai kemeja dan bercelana hitam. Yang menjadi keunikan tersendiri adalah dimana para santri pada hari upacara peringatan tersebut memakai pakaian putih, memakai sarung, dan memakai sepatu serta berkaos kaki. Walaupun ada perasaan malu apalagi bagi santri senior, tapi itu akan menjadi suatu hal yang tak kan pernah terlupakan ketika berada di pondok.

Dalam inspeksinya, pimpinan pondok, KH. Dr. Muhammad Aji Abdi Moenip, Lc. MA menyampaikan sebuah pidato. Salah satu bagian  yang tak kalah penting adalah beliau membacakan teks resolusi jihad yang dikemukakan oleh Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari. Beliau juga menambahkan bahwa menghafal teks resolusi jihad tak kalah penting dibandingkan dengan menghafal teks pancasila ataupun pembukaan UUD 1945.

Kita semua berharap, semoga kedepannya santri dapat menjadi agent of change bagi bangsa ini serta menjadi penebar kebaikan dan kebermanfaatan untuk alam semesta.

Tags:

0 thoughts on “Peringatan Hari Santri Nasional 2021

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info PSB? Chat with us