SHOPPING CART

close

Road to KMI Mu’adalah

Seperti biasa. Lantunan ayat suci Al-Qur’an para santri Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah menyambut ramah sapaan mentari pagi. Langit yang mulanya gelap, kian membiru ditemani awan seputih kapas. Kicau burung terpecah semakin menghiasi suasana pagi itu.

Senin, 29 November 2021. Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah kedatangan tamu terhormat dari Tim Kemenag Republik Indonesia. Mereka datang tidak lain adalah untuk melaksanakan “Visitasi Satuan Pendidikan Mu’adalah Mu’allimin”—sesuai yang diajukan para pembesar pondok agar dapat menerapkan kurikulum KMI secara kaffah di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah ini.

Oleh karena itu, acara tersebut dihadiri langsung oleh para pembesar pondok. Seluruh direktur dan pengasuh Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah—baik putra maupun putri—tidak ada yang absen dari awal agenda hingga akhir.

Sekitar pukul 10.00 pagi, para tamu yang mulai berdatangan disambut hangat oleh para pembesar pondok. Sebelum memasuki acara inti, mereka berbincang-bincang ringan sambil menunggu tamu yang belum datang. Setelah dirasa cukup, mereka segera membuka acara dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan dari berbagai pihak. Disusul dengan diskusi pembahasan inti hingga menjelang waktu zuhur.

Beberapa menit setelah adzan zuhur, mereka menjeda pembicaraan dan melaksanakan shalat jama’ah bersama dengan para santri. Setelah itu—sebelum turun dari masjid, para asatidz dan jajaran tamu melakukan sesi foto bersama di atas tangga utama Masjid Daarul Ukhuwwah. Lalu segera kembali ke ruang diskusi dan melanjutkan pembicaraan sambil menyantap makan siang bersama.

Tak lama setelah itu, awan mendung mulai menyelimuti langit desa Asrikaton. Memaksa agar menyegerakan diskusi, karena akan dilaksanakan uklam-uklam keliling pondok sebagai penutup acara. Diskusi pun ditutup, mereka semua beranjak berdiri dan keluar dari ruang diskusi. Beberapa santri dari ‘departemen penerimaan tamu’ menyiapkan payung untuk kelancaran agenda tersebut. Uklam-uklam keliling pondok pun berjalan dengan lancar dipandu oleh pimpinan pondok secara langsung.

Begitulah rentetan agenda pada hari itu. Diawali dengan bincang-bincang ringan di atas kursi, dan diakhiri dengan bincang-bincang pula di atas hamparan rumah persaudaraan; gerimis. Sekian.

By: Zaidan Falah Abdillah

Tags:

0 thoughts on “Road to KMI Mu’adalah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info Pendaftaran? Chat with us