SHOPPING CART

close

Road to Al Azhar University

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semenjak terbitnya kurikulum Al Azhar di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah 3 tahun lalu, topik tentang hal tersebut selalu menjadi perbincangan hangat di antara para santri, mengingat ada banyak hal baru dari kurikulum ini baik dari segi materi yang di pelajari maupun event yang dilaksanakan. Pada tahun ini, Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah untuk pertama kalinya melaksanakan ujian akhir Al Azhar atau yang disebut “Imtihan Syahadah” (ujian ijazah). Ujian ini juga menjadi kali keduanya Indonesia mengadakan ujian akhir Madrasah Aliyah berbasis kurikulum Al Azhar, setelah tahun lalu Pondok Thursina mengadakan ujian ini untuk pertama kalinya di Indonesia. Pada tahun ini, untuk santri putra, sebanyak 34 santri di Indonesia mengikuti imtihan syahadah, dan 22 santri dari mereka merupakan santri PPDU. Ujian ini diselenggarakan pada tanggal 23 Mei – 4 Juni 2022.

Mengingat ujian ini dapat menjadi jalan tol untuk dapat meneruskan pendidikan kuliah di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir, maka para santri PPDU dibantu oleh para asatidz pun sejak jauh-jauh sudah menyiapkan segala hal yang dapat membantu mereka dalam mengahdapi ujian ini. Mulai dari meminta contoh soal imtihan syahadah tahun lalu dari Pondok Thursina, membahas kisi-kisi ujian tahun ini secara bersama-sama di masjid setiap malam, hingga mengadakan kelas tambahan untuk pelajaran tertentu yang dirasa kurang.

Setiap harinya, hanya 1 mapel dari total 10 mapel saja yang diujiakan dengan estimasi waktu mengerjakan maksimal  selama 2 jam. Kelas yang digunakan untuk ujian ini bertempat di Asrama An Nur lantai 2. Ujian di mulai pada pukul 07.00 WIB. Sejauh ini, para santri PPDU tidak terlalu kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Namun, hasil akhir baru dapat diketahui setelah sekitar 4 bulan ujian usai, mengingat ada banyak sekali pelajar di seluruh dunia yang mengikuti ujian ini. Harapannya, para santri PPDU dapat meraih nilai yang memuaskan dan mendapatkan ijazah Al Azhar ini.

By: Moch Fikri Abdul Aziz

 

Tags:

0 thoughts on “Road to Al Azhar University

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info Pendaftaran? Chat with us