SHOPPING CART

close

Kemah Pesantren 2023: Creativity In Liberty

PPDU – Mu’min yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Swt. daripada muslim yang lemah. Maka dari itu dalam rangka melaksanakan salah satu hadist Rasulullah di atas dajuga pengamalan “muwasshofat tarbiyah” yang keempat yaitu qawiyyul jismi yang artinya berbadan kuat, maka Pndok Pesantren Daarul Ukhuwwah setiap tahunnya mengadakan agendayang menempatkan seluruh santrinya untukberada di alam bebas, sambil mentadabburi kuasa dan kebesaran Allha Swt. akan keindahan dan keelokan ciptaan-NYA.

Kegiatan ini bernama mukhoyyam tarbawi atau istilah lainnya adalah kemah pesantren, pada mukhoyyam tahun ini dilaksanakan bertempatkan di Gemah Beach, Tulungagung. Lokasi tepatnya berada di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Yang menyongsong tema Creativity in liberty, artinya berkreativitas di Alam Bebas. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 12 – 14 Desember dan berlangsung selama tiga hari dua malam, acara ini dipanitiai oleh kelas lima yang saat ini sedang diamanahi sebagai pengurus OSADU.

Dalam kemah pesantren ini setiap santri akan dibagi di sebuah mantiqah (kelompok besar), yang dipimpin oleh kelas 4. Adapun nama-nama kelompok besar tersebut antara lain: Babilonia,Mesopotamia, Macedonia, dan Sumeria.

Perjalanan menuju lokasi berkemah dimulai pada pukul 07.48 sampai pukul 12.35 WIB, kurang lebih sekitar lima jam perjalanan darat menggunakan 10 unit bus. Sesampainya di lokasi para santri langsung bersiap-siap untuk sholat dhuhur berjama’ah dan kegiatan ishoma, setelahnya langsing mendirikan tenda. Acara dilanjutkan pada malam harinya terdapat penyampaiaan wejangan penggugah jiwa yang disampaikan oleh Ust. Sahuri dan Ust. Anto.

Agenda keesokan harinya diselenggarakan lomba perang air antar mantiqah, dimana 2 mantiqah besar akan bersatu dan saling melamparkan peluru air dalam kantong plastik, dan dipimpin oleh jendralmasing-masing mantiqah. Pasca perang air panitia mengadakan materi yang disampaikan langsung oleh Sersan Dua TNI Bapak Sujarwo dan Bapak Khoiruddin, yang menyampaikan tema survival atau mempertahankan diri di alama bebas. Setelah hampir dua jam menyimak dengan seksama penjelasan Khairuddin diadakan perlombaan-perlombaan, mulai dari lomba memasak hingga tarik tambang antar mantiqah.

Pada malam harinya para panitia mengadakan semarak api unggun, uapcara api unggun ini berjalan dengan khidmat dan semangat, dipimpin langsung oleh Kak Winarko selaku ketua Gugus depan PPDU Putra 1, disertai dengan ikrar tir satya dan dasa dharma.

Kemudian penghujung acara dari kemah pesantren ini adalah long march dari lokasi berkemah menuju tempat yang telah ditentukan oleh panitia, pada long march ini tempat finish-nya berada di sebuah Pondok Pesantren dimana dulu salah satu Ustadz kami, beliau adalah ustadz Faruq mengenyam pendidikannya, nama Pondok Pesantren ini adalah Pondok Pesantren Jawahirul Hikmah. Melalui jalan yang naik turun serta berlika-liku, rasa penat para peserta akan sirna setelah sampai di lokasi ini. (Dan)

 

Tags:

0 thoughts on “Kemah Pesantren 2023: Creativity In Liberty

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Info Pendaftaran? Chat with us