SHOPPING CART

close

Selangkah Untuk Lulus: Syafahi Niha’ie

 

         

                 Satu hal menarik yang harus diketahui dari kegiatan belajar di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah adalah dari segi pelaksanaan ujiannya berbeda dengan lembaga pendidikan menegah umumnya yang hanya melaksanakan beberapa pekan ujian tulis atau praktek olahraga dan beberapa muatan lainnya, Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah memiliki tiga jenis ujian yang dapat menentukan kualitas belajar santri selama enam bulan terakhir, meliputi ujian Al-qur’an, ujian lisan, dan ujian tulis.

Lalu bagaimana proses pelaksanaan ujian untuk santri kelas enam atau setingkat dengan kelas XII di PPDU, apakah terdapat ujian akhir untuk menentukan kelulusan santri seperti halnya ujian nasional bagi peserta didik pada umumnya? Jawabannya adalah ada. Ketika santri telah duduk dijenjang kelas enam atau acap kali disebut siswa akhir, dan berada disemester dua, maka para asatidz akan menyiapkan timeline untuk pelaksanaan prosesi ujian khusus siswa akhir tanpa meninggalkan tiga unsur mata ujian di PPDU yaitu: ujian Al-qur’an akhir, ujian lisan akhir, dan ujian tulis akhir. Juga terdapat kegiatan tambahan lainnya yang memiliki nilai lebih dalam mempengaruhi kelulusan santri selama belajar di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah enam tahun lamanya.

Nah, pada hari ini (22/1) hingga tanggal 31 Januari nanti, para santri melaksanakan ujian lisan akhir yang di dalamnya terdapat tiga mata pelajaran yang diujiakan yaitu: Bahasa Arab yang meliputi nahwu, shorof, khitobah, muhadastah, dan fathu-l- mu’jam. Lalu Bahasa Inggris yang berisi conversation, speaking, grammar, translation, dan reading (pronouncation). Dan yang terakhir ilmu Fiqih yang berstubsansi dari doa-doa harian, bacaan-bacaan dzikir, dan ad’iyyah ‘amaliyah.

                Pada ujian Bahasa Arab para santri akan diuji perihal penguasaaan ilmu nahwu dan shorof, percakapan dengan berbahasa arab fusha, terjemah kosakata berbahasa Arab sesuai dengan kamus mu’jam, dan menjabarkan ke penguji suatu tempat dengan berbahasa arab sesuuai dengan kemampuan setiap individu.

Kemudian di ujian Bahasa Inggris santri akan diuji percakapan berbahasa Inggris, penguasaan grammar, membaca teks panjang serta menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia. Lalu pada mata ujian ilmu fiqih seperti yang telah diuraikan pada paragraf ketiga, para siswa akhir akan diuji praktek beribadah harian, penguasaan dan kesesuaiaan doa-doa, serta bacaan dzikir sehari-hari.

Terakhir yang perlu pembaca ketahui lagi, bahwasannya masa sembilan hari ujian syafahi niha’ie (lisan akhir) ini adalah ujian pertama yang dilaksanakan dari seluruh ujian-ujian akhir dan kegiatan penunjang lainnya yang akan dilaksanakan sampai beberapa bulan ke depan.

Harapannya, semoga dengan dilaksanakannya seluruh rangkaiaan ujian akhir ini para santri dapat menukil hikmah dari menuntut ilmu selama enam tahun belajar di pesantren, meraih berkahnya menuntut ilmu, dan siap untuk mengemban tugas sebagai alumni Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah di tengah masyarakat nantinya. (Ras)

Tags:

0 thoughts on “Selangkah Untuk Lulus: Syafahi Niha’ie

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Info Pendaftaran? Chat with us