SHOPPING CART

close

Semangat Santri Daarul Ukhuwwah Menghadapi Ujian Akhir

 

Layaknya lembaga pendidikan menengah atas pada umumnya yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dengan kurun waktu selama dua semester, kemudian ditutup dengan sebuah ujian kompetensi akhir yang memiliki peran penting sebagai parameter peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas dan bahan evaluasi pendidikan. Hal tersebut juga dilakukan oleh lembaga pendidikan islam Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah, yang tepatnya pada hari jumat (10/4) kemarin kegiatan belajar mengajar di kelas tahun ajaran 2023/2024 telah resmi usai dan diteruskan dengan serangkaian agenda ujian pada tanggal 13 April 2024 hingga tiga pekan mendatang.

Pada satu pekan pertama dari tanggal 13 April seluruh santri menjalani ujian al-quran bil ghoib yang diselenggarakan oleh Majlis Qurra’ Wal Huffadz selama satu pekan sesuai dengan target perjenjang dan kelasnya, ujian al-quran ini dinilai sangat menentukan karena menjadi tolak ukur naik tidaknya santri menuju ke jenjang selanjutnya.

                Selepasnya dilanjutkan dengan agenda ujian lisan yang berjalan pada tanggal 20 April sampai dengan 27 April 2024. Di dalamnya diujikan tiga mata pelajaran, yaitu: fiqih berikut dengan praktek dan bacaan doa-doa, Bahasa Arab beserta percabangannya yaitu: nahwu dan shorof, dan yang terakhir adalah Bahasa Inggris berikut dengan mata pelajaran grammar. Disamping para santri melaksanakan ujian lisan ini terdapat santri siswa akhir azhari yang saat ini tengah melaksanakan ujian syahadah azhari selama dua pekan dengan soal-soal ujian yang didatangkan dari Ma’had Al islami Al-azhari, Mesir. Yang mana ujian ini menjadi penentu keberangkatan santri siswa akhir kelas azhari untuk melanjutkan studinya menuju Universitas Al-azhar Mesir.

                Kemudian agenda ujian terakhir yaitu ujian tulis yang dilaksanakan setelah pekan ujian lisan selesai, mata pelajaran yang diujikan terdiri dari berbagai pelajaran yang telah diajarkan di kelas baik yang telah diujikan di ujian lisan pekan sebelumnya, ataupun yang belum diujikan. Harapannya semoga seluruh santri dapat melaksanakan seluruh rangkaian ujian ini dengan sukses dan selalu diberi kelancaran oleh Allah SWT dalam menjawab seluruh soal yang diberikan. Amin ya rabbal ‘alamin.

Tags:

0 thoughts on “Semangat Santri Daarul Ukhuwwah Menghadapi Ujian Akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Info Pendaftaran? Chat with us