SHOPPING CART

close

Kuliah Umum babak II Pekan Perkenalan & Khutbatu-l-Arsy 1443 H

Rentetan acara Pekan Perkenalan & Khutbatu-l-Arsy 1443 H kembali dilanjutkan. Kali ini pada Rabu 06 Juli 2022 Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah mengadakan kuliah umum babak kedua yang kembali disampaikan oleh Pimpinan Pondok KH. Dr. Muhammad Ajir Abdi Moenip, Lc.MA. Sama halnya dengan kemarin, seluruh asatidz dan santri kembali menghadiri kuliah umum ini yang diadakan di lapangan futsal ataupun panggung utama Ponpes Daarul Ukhuwwah Malang.

Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan dipandu oleh M. Usamah dan Dhaifullah Irsyad santri kelas 4 sebagai pembawa acara. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Andi Sayyidil santri kelas 3 dan disambung dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’, hymne ‘Oh Pondokku’, dan mars pondok.

Pada babak kedua ini, pimpinan pondok menyampaikan tentang panca jiwa pondok. Yang mana panca jiwa ibarat ruh daripada pondok yang apabila dipisahkan sama halnya dengan jasad tanpa ruhnya. Sebelum membahas panca jiwa, beliau terlebih dahulu menceritakan tentang sejarah berdirinya pondok pesantren di Indonesia. Selain itu dijelaskan pula arti hakiki dari pondok pesantren dan 3 unsur penting dalam pondok pesantren. Selanjutnya, beliau memaparkan satu persatu panca jiwa pondok yaitu keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwwah islamiyyah, dan kebebasan. Dan terakhir beliau menerangkan urgensi serta tata cara menjadi seorang santri sejati.

Acara berlangsung dengan penuh khidmat. Seluruh santri disibukkan dengan penulisan poin-poin penting dari apa yang mereka dengar dan saksikan pada babak kedua ini. Setelah khutbah dari pimpinan pondok, acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh al-ustadz Faruq Jamaluddin dan penutupan yang berakhir tepat pada pukul 10.30 WIB.

Tags:

0 thoughts on “Kuliah Umum babak II Pekan Perkenalan & Khutbatu-l-Arsy 1443 H

Leave a Reply

Info Pendaftaran? Chat with us